manfaat buaya

disini anda bisa memperoleh banyak pengetahuan seputar Dunia Buaya, baik itu tentang manfaat buaya di dunia pengobatan alami sampai kebutuhan manusia dari hasil buaya.


Manfaat Dan Kegunaan Buaya

Buaya merupakan salah satu hewan purbakala atau lebih jelasnya dinosaurus tertua didunia yang sampai saat sekarang ini masih bertahan hidup.

       
 Jenis Buaya Muara irian (crocodile porosus)


Jenis buaya daratan irian (crocodile novaquinea)

apakah anda tahu  manfaat dari hewan purbakala ini dalam kehidupan manusia ? mari kita simak penjelasan berikut ini.

buaya memiliki bentuk tubuh yang begitu unik, dan dibalik keunikan tersebut tersimpan banyak Manfaat. baik dari kulit, daging, minyak, tangkur(alat kelamin jantan), empedu, tengkorak kepala, jari tangan dan giginya.  di Indonesia sendiri memiliki beberapa sungai dimana berbagai jenis buaya hidup disana. salah satunya di Papua. dan sungai tersebut adalah sungai Mamberamo






Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Papua dengan panjang aliran 670 kilometer. Sungai Mamberamo berhulu di sebelah selatan Pegunungan Foja. Sungai yang muaranya berada di Tanjung D’Urville, pesisir utara Pulau Papua yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik ini juga popular dengan julukan “Amazonnya Papua”

Sungai Mamberamo dapat disebut pula sebagai sungai penghasil Buaya. Dua jenis buaya yang hidup di sungai ini adalah buaya Muara (crocodile porossus) dan buaya daratan (crocodile novaquinea). Buaya ini merupakan buaya yang berbadan besar.

karena berbagai lembah yang kaya akan keanekaragaman hayati dan menjadi tempat tinggal berbagai suku Pedalaman Papua.  hingga saat ini, masyarakat pribumi setempat masih mengandalkan sungai mamberamo sebagai mata pencaharian utama mereka. salah satunya berburu buaya.

hasil buruan mereka tidak berfokus kepada kulit saja, melainkan hampir semua yang ada pada buaya. seperti daging untuk dimakan, tangkur untuk obat kuat, gigi untuk mata kalung/manik-manik, empedu untuk obat masalah pernafasan, tengkorak kepala dan jari tangan untuk dijual ke pecinta seni dan minyaknya sebagai obat berbagai macam penyakit baik itu penyakit dalam maupun penyakit luar. masyarakat biasanya hanya melakukan perburuan buaya pada saat musim kering.





    Komentar

    1. Salwa hengki andrenawan30 Agustus 2015 pukul 19.35

      Terima kasih sangat membantu

      BalasHapus
    2. buaya mresahkn mnusia bnyk mnusia dmkn,pdhl buaya tak kn punah soalnya brtelur bnyak

      BalasHapus

    Posting Komentar

    mohon, berikan komentar yang berperikemanusiaan
    jika komentar diluar norma norma, akan kami hapus